TV Sharp Q-Vision 14S20DMKII ini menggunakan IC STR-G5653 untuk men-Supply Tegangannya, Transistor HOT 2SD-2586, IC Vertical LA-78041, IC Audio AN-17823A, dan Otaknya adalah IC Single TDA 9381PS/N3.

Sampai di Meja Service, TV langsung Saya coba, gambar muncul, namun Perbandingan Ukurannya kurang tepat, dan Warnanya juga kurang bagus, Suara tidak terdengar sama sekali, Remote tidak bisa digunakan. Perkiraan awal Kerusakan adalah Parameter Data Setting pada Service Mode, Mati Speaker atau IC Audionya, dan Sensor Remote-nya.

Setelah itu, Saya buka Tutup Belakangnya (Back Cover), tapi cuma ada 2 buah Skrup (Screw Driver). Biasanya bagian dalam sangat berdebu Hitam, namun kali ini tidak tebal Debunya. Karena rupanya TV ini belum lama diservice oleh Teknisi lain, namun rusak kembali.

Karena Gambarnya ada, tapi Suara gak ada, langsung aja cek Speakernya pakai Multimeter (AVO Meter), ternyata Speaker memang mati. Langsung aja Saya ganti. Dalam keadaan Mesin masih terpasang, langsung Saya coba. Suara sudah bagus, tanpa cacat. Satu Masalah beres, karena memang mudah.

Setelah itu, Saya cek Problem pada Sensor Remote-nya, Saya ukur semua kaki tersambung penuh (Korsluiting). Kemudian Saya lepas, dan Saya ganti dengan type yang persis sama, karena memang kebetulan Saya masih mempunyai Stoknya. Dalam keadaan Mesin terbalik, Saya nyalakan TV dan Saya coba pindah Chanel dengan Remote, alhamdulillah sudah bisa. Problem yang kedua pun selesai dengan mudahnya. Karena kalau yang rusak bukan Sensor Remote-nya, pasti akan lebih sulit jadinya.

Tinggallah Problem yang terakhir, Ukuran gambar yang kurang sesuai perbandingannya, juga Warnanya yang kurang bagus. Langsung saja, Saya masuk ke Service Mode untuk menyesuaikan Data Settingnya. Cara masuk Sermod TV type ini adalah, pada saat TV OFF (dengan Switch Power atau Colokannya dicabut), buatlah Jumper J-137 dan J-138, yang letaknya di dekat Tuner dan IC single TDA-9381PS, juga ditandai dengan Lubang memanjang pada PCB-nya. Cara yang paling mudah adalah dengan menjepitkan Jepit Buaya kecil pada kedua Kawat Jumper tersebut.

14S20MKII-3

Setelah masuk pada menu Sermod, kemudian lepaskan Jumper tersebut, lalu tekan tombol Menu pada Remote. Setelah itu, muncul Tampilan sebagai berikut;

14S20MKII-2

Gunakan Tombol CH(+) dan CH(-) untuk mencari Sub Menu yang dikehendaki, serta Tombol VOL(+) dan VOL(-) untuk menambah atau mengurangi Nilai Parameter. Untuk Kasus TV yang Saya kerjakan ini, yang Parameternya tidak sesuai adalah V-LIN, V-AMP, V-CENT, SUB-CON, SUB-COL, dan SUB-BRI. Setelah semua Nilai Parameternya selesai Saya Setting, dan Perbandingan Ukuran dan Warna Gambar telah bagus, maka TV Saya matikan dengan Power  Button pada Remote. Hal itu adalah untuk keluar dari Sermod dan sekaligus menyimpan Data Setting yang baru. Setelah itu TV Saya nyalakan kembali, dan alhamdulillah, Perbandingan Gambar dan juga Warnanya telah normal kembali. Tinggal pasang Back Covernya, trus nulis notanya aja nih.

14S20MKII-4

Sebagai Acuan Nilai Parameter yang seimbang, bisa Anda temukan Parameter Standardnya di sini.

